Ads Top

Klakson Bus Telolet Telah Mendunia, Suara Nyaring Di Tengah Jalanan

Klakson bus kali ini tengah menjadi perbincangan di dunia maya, beberapa artis sosial media tengah memperbincangkan keunikan suara klakson bus 'Telolet'. Diantaranya termasuk DJ Snake, The Chainsmokers dan Zedd, kicauan mereka membuat trending Twitter kali ini berasa dari suara klakson.

Klakson Bus Telolet

Sejak kapan suara nyaring dari bus dan angkutan umum di Indonesia terdengar sampai ke seluruh dunia? Dalam hitungan jam trend suara klakson bus mulai terdengar, sehingga memeriahkan dunia hiburan sosial media yang dipenuhi canda dan tawa. Ada banyak ragam suara yang terdengar dijalanan, bus dan angkutan umum biasanya memberikan klakson khusus sebagai penanda atau ciri khas mereka.

Klakson Bus Telolet


Unik memang, padahal setiap hari kita mendengar klakson yang terkadang membuat bising telinga pengendara sekitarnya. Klakson bus Telolet sebenarnya ditujukan untuk menggugah konsentrasi pengendara agar lebih fokus melalui suara yang nyaring dan berisik. Umumnya, bus-bus yang berjalan di malam hari membutuhkan sesuatu yang lebih ekstrim agar pengendara dari arah berlawanan bisa fokus membawa kendaraan.

Seketika siapapun yang mendengarnya akan terbangun, begitulah kira-kira gambaran yang diperoleh jika mendengar suara nyaring klakson bus Telolet. Tak hanya pengendara yang tersentak, bahkan penumpang yang nyenyak tidur didalam bus juga ikut terganggu dengan suaranya. Di jalanan yang padat, pengendara bus dan angkutan umum tentunya memerlukan suara yang bisa menarik perhatian. Tehnik ini berguna untuk memanggil penumpang, sebagai penanda bahwa bus ataupun angkutan umum telah tiba.


Ragam jenis video yang berbeda suara kemudian mulai menjamur di Youtube dan sosial media lainnya, sehingga pamor bus dan angkutan umum di Indonesia sontak menjadi pusat perhatian dunia. Ada banyak jenis suara klakson bus yang sering didengar ketika melintas dijalanan antar kota. Tetapi entah bagaimana tiba-tiba saja Telolet berkumandang di dunia maya.

Om Telolet Om


Mereka menyebutnya 'Om Telolet Om', sebuah kalimat yang dibunakan untuk meminta dibunyikan suara klakson "Om,... Telolet, Om" kepada supir bus. Istilah ini awalnya digunakan masyarakat untuk berburu suara klakson pengendara bus dan angkutan umum. Tren suara klakson bus Telolet kemudian merasuki sosial media Twitter, Instagram dan Facebook dengan tagar #Telolet

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.