Ads Top

HAMBA, Calon Bupati Deli Serdang Didanai Rakyat,.. Apa Mungkin?

Bagaimana kalau rakyat sendiri yang memilihnya untuk menjadi Calon Bupati Deli Serdang yang kelak memimpin mereka? Semua itu ternyata terjadi di kabupaten Deli Serdang, pasangan nomor urut 2 yang berasal dari kalangan bawah, aktifis petani dan wakilnya aktifis buruh, mereka dipilih rakyat dan bukan mengajukan diri.

Dalam perjalananku mengikuti pasangan independen Calon Bupati Harun Nuh dan wakilnya Bambang, tak hanya menginspirasikan bahwa bangsa kita benar-benar membutuhkan sosok pemimpin arif saat ini. Apa yang kita lihat sekarang adalah fakta sebaliknya, dimana berbagai partai dan berbagai kalangan artis jauh lebih didambakan. Kebanyakan pemimpin sekarang bak pisau yang tajam kebawah tapi tumpul keatas.

HAMBA, Calon Bupati Deli Serdang Tanpa Harta


Setahu saya yang juga menjadi sukarelawan dalam tim HAMBA, pasangan ini bisa dikatakan tidak memiliki harta. Bagaimana dengan dana kampanye, dan dari mana mereka peroleh? Dana kampanye mereka sebagian besar didanai masyarakat, artinya pasangan Calon Bupati Deli Serdang hampir sama sekali tak mengeluarkan biaya.

calon bupati Hamba, harun nuh

Bagaimana bisa? Harun Nuh sendiri adalah seorang aktifis petani yang sampai saat ini terus didukung untuk mendapatkan hak-hak mereka. Ribuan massa petani masih mempercayakan dirinya untuk terus memimpin dan mendobrak kemunafikan hukum negara, dan berharap bahwa nantinya hak dan kemandirian pertanian Deli Serdang perlahan berubah seiring terpilihnya Harun sebagai Bupati. Sementara calon wakil Bupati seorang aktifis Buruh dari SBSI'92 ber-massa terbesar di Deli Serdang dan terkenal keras dalam aksinya.

harun nuh, kampanye hamba
Harun Nuh terima sumbangan dari rakyat
Tak ada media yang memberitakan Pasangan independen Nomor Urut 2 di media-media, selama kampanye mereka langsung turun ke masyarakat, langsung berinteraksi tanpa menabur uang. Bagaimana mau menaburkan uang-pun tak ada, bahkan poster, spanduk dan kartu nama calon Bupati ini dicetak seadanya. Spanduk kecil dan brosur hanya fotocopy hitam putih, sangat jauh berbeda dengan sepuluh calon lainnya. Tim sukses pasangan ini seluruhnya adalah relawan dari buruh dan petani, tak sedikitpun mereka dibayar, termasuk saya sendiri.

Setidaknya masih ada harapan dari sebelas nomor Calon Bupati Deli Serdang, sementara calon lainnya dikenal memiliki harta dengan kampanye serba 'wah' apalagi yang didukung partai. Pasangan HAMBA salah satu calon independen yang bersih, awalnya tidak menabur uang dan harapan rakyat nantinya mereka tidak akan memanen uang karena tak ada benih yang ditanam. Harapan kita masih ada, dan masih ada calon Bupati yang mengerti keinginan rakyat.

Image credit Hamba, Harun Nuh by Rony Roy

2 komentar:

  1. Mudah2an pasangan ini bisa menang yak, dan setelah menang mudah2an mereka paham dengan birokrasi. Karena kadang banyak pejabat yang 'terkejut' dengan sistem birokrasi yang bukannya memperbaiki, malah banyak menyalahi aturan. Biasanya seh tipe ini calon-calon anggota dewan yang asal kepingin aja.

    Yah, namanya juga pemimpin rakyat yak, harus tau apa yang akan dikerjakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalah Nie... Yang punya uang pasti berkuasa :(

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.