Ads Top

Sejarah The Great Wall, Pertempuran Melawan Monster Ganas

Kisah yang paling menarik akan hadir di awal tahun 2017, sebuah kisah sejarah The Great Wall akan muncul di layar lebar. Uniknya kisah ini ditampilkan dengan kisah monster, walaupun banyak yang menganggap film ini rasis, karena beberapa orang mengatakan tak layak suku di Utara digambarkan sebagai monster. Kita akan banyak belajar sejarah, walaupun nantinya akan banyak komentar rasis tetapi setidaknya memahami fungsi tembok raksasa Tiongkok.

Sejarah The Great Wall

Menurut sejarah, Tembok Besar Tiongkok tidak dibangun panjang terus menerus sekeligus, tetapi merupakan kumpulan tembok-tembok pendek yang dibangun sepanjang pegunungan Tiongkok Utara. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok mengatakan bahwa tembok raksasa ini sudah dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Ming dengan panjang 8851 km. Setelah tembok panjang dibangun oleh Ming, kemudian tembok ini dikenal dengan nama Changcheng (tembok besar atau tembok panjang), dalam Bahasa Mandarin disebut Wanli Changcheng yang artinya tembok sepanjang 10 ribu Li.

Sejarah The Great Wall Di Layar lebar


Sebelum periode Dinasti Qin, pembangunan tembok raksasa dilakukan pada tahun 722 SM hingga 481 SM, dan dilanjutkan pada tahun 453 SM hingga 221 SM. Kabarnya tembok ini dibangun untuk menahan serangan musuh terutama dari suku-suku di utara. Tercatat, setidaknya beberapa negeri pernah ikut membangun tembok ini, diantaranya Chu, Qi, Yan, Wei dan Zhao. Sehingga dalam periode berikutnya The Great Wall bertambah panjang, diperbaiki dan dimodifikasi sepanjang waktu. Kaisar Qin Shi Huang pernah memerintahkan Jendral Meng Tian mengumpulkan tenaga kerja sebanyak 300 ribu orang untuk menyambung pembangunan tembok sebagai garis pertahanan. Selama 9 tahun disertai biaya mahal dan pengorbanan jutaan jiwa rakyat jelata.


Kisah sejarah The Great Wall diperankan aktor kondang, diantaranya Matt Damon, Jing Tian, Pedro Pascal, Willem Dafoe, Lu Han, Andy Lau. Dalam trailer yang saya lihat di Youtube, cerita dikemas sangat menarik, perlawanan terhadap serangan monster dari Utara. Kalau dahulu banyak yang menganggap suku Utara sangat kejam, kira-kira di zaman sekarang siapa ya? Apakah suku Utara ini masih memiliki keturunan yang bakal mengulang sejarahnya? Siapa yang tahu, zaman sudah berubah dengan teknologi yang tak harus menyebrangi tembok besar.

Film ini memang dianggap kontroversi, dimana Matt Damon berperan sebagai prajurit yang menghajar monster-monster pembunuh. Trailer film ini tetap masih merahasiakan makhluk apa yang menyerang The Great Wall sehingga terjadi pertempuran besar. Kabarnya makhluk-makhluk ini memakan manusia, sehingga kerajaan harus mempersiapkan pertahanan besar-besaran. Trailer film sangat bagus, dan mudah-mudahan full movie sebanding dengan trailer-nya yang akan rilis Februari mendatang.

Image by Universalpictures

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.