Ads Top

Jatuh Bangun Musik HipHop Tanah Air

Gelaran festival musik hiphop yang diadakan beberapa event, mungkin belum bisa menyaingi pasar musik Indonesia yang sebagian besar dikuasai musik pop dan rock.

Setidaknya pagelaran even yang diadakan BKKBN di salah satu pelataran parkir Foodcourt kota Medan, menandakan bahwa penggemar musik Hiphop di kota ini masih ada dan berkembang. Tapi, sehebat apa musik Hiphop di negeri ini, mereka muncul dan tenggelam sejak awal tahun 2000-an.

Akankah Musik HipHop Semarak Negeri Bule?


Sebelum tahun 2000, Iwa K sudah dikenal sebagai pioner musik Hiphop tanah air yang kemudian berkembang diawal tahun 2000. Berbabagai festifal musik Hiphop sempat merebak diawal tahun itu, tentunya yang membawa nama Saykoji melejit di industri musik Indonesia.

hip hop, konser, beastie boys

Saya sendiri melihat, sepanjang perjalanan musik Indonesia melibatkan beberapa genre, tapi jenis Pop dan Pop Rock tetap terdepan dan mendominasi pasar musik negeri sendiri. Kemana musik hiphop? Banyak yang menganggap bahwa musik hiphop mungkin tidak bisa berkembang dan sulit mendominasi, apalagi mencuri hati anak negeri.

Satu kesalahan kalau penggemar musik dalam negergi menganggap bahwa Hiphop mungkin akan musnah, atau hanya sekedar tren sesaat. Tapi, begitulah kenyataannya bahwa roda musik dalam negeri berputar tanpa henti. Di awal milenium hiphop sangat digandrungi, banyak pemuda yang mencoba menjadi rapper lokal, bahkan festival hiphop ada diberbagai kota.

Saya tak begitu mengingat berapa kali festifal hiphop diadakan di Kota Medan sejak awal Milenium. Tapi yang pasti dibanyak cafe dan tempat-tempat tongkrongan selalu memutar genre musik ini, tak kenal rapper bule ataupun dalam negeri. Era ini juga menyebabkan tren dan lifestyle sedikit berubah, walaupun tak semuanya tapi penggemar musik hiphop sering mengidentikkan gaya mereka.

Kapan Musik HipHop Bangkit Kembali?


Akh... kalau kita berbicara soal musik, tentunya tak bisa diperhitungkan secara pasti, kita bukan bermain tebak angka. Nah, kalau sekarang muncul festival musik hiphop berharap genre musik ini semakin berkembang dan memunculkan kreatifitas pemuda kita. Seperti musik Trip Hop yang merupakan perpaduan antara Jazz dan Hip Hop, dan mungkin Anda pernah mendengar sosok rapper Aji Kikuta.
Saya berharap, kalaupun musik rap berkembang nantinya memunculkan kreatifitas dan corak yang beraneka ragam. Tidak monoton, yang menurut saya menjadi salah satu penyebab jatuh bangun genre ini. Ada juga yang berpendapat bahwa alunan musik yang monoton, nada yang kotor, dan kebanyakan orang tua menganggap bahwa musik Hiphop selalu menyimpang norma.
Pandangan yang salah, apapun jenis musik yang berkembang semua berdasarkan ide dan kreatifitas, bergantung pada individu masing-masing. Jadi, kalau kalian menyukai musik Hiphop, silahkan gebrak musik tanah air dan kembali berjaya seperti awal milenium baru.

10 komentar:

  1. wah udah lama gak mantau.. yang paling saya seneng dulu dr genre rap ya eminem :D

    BalasHapus
  2. lagu demam boyband nih.. bangkit lagi sejak era mid 90 an ya? (inget coboy)

    BalasHapus
  3. Aku sekarang denger hiphop cm pandji aja seh... itupun gak sering.. hihihi

    BalasHapus
  4. sekarang malah sudah jarang denger musik :D

    BalasHapus
  5. saya masih suka denger musik Hip Hop...soalnya di Jogja ada "Jogja Hip-Hop Foundation", semua lagu2nya saya suka...

    BalasHapus
  6. Eminem, malah saya taunya sedikit... soalnya dia besar pas bersamaan dengan musik dalam negeri yang juga berkembang

    BalasHapus
  7. Baoyband sekarang yang seperti boyband dulu.... lha itu.. belum lama berdiri katanya mau bubar

    BalasHapus
  8. Hiphop sekarang malah tenggelam sama sekali, ngga ada suaranya. Kurang kreatif kali ya

    BalasHapus
  9. Ngeblog aja Mas Suke,... makin rame tho? :mrgreen:

    BalasHapus
  10. Wah,... ada anak Rapper disini....
    Bagus itu, ada komunitas hiphop di Yogya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.