Ads Top

Apa Yang Anda Simpan Di Cloud Storage?

Kini saatnya beralih ke teknologi cloud storage, ruang penyimpanan data tak lagi harus menggunakan disk atau ukuran yang lebih kecil lainnya. Apa yang akan Anda simpan di Cloud Storage melalui gadget? Saya pernah kehilangan disk dimana semua data penting berada disana, padahal itu satu-satunya data tertinggal setelah komputer saya 'padam'. Ada yang menyarankan kepada saya, jangan menyimpan data cadangan hanya di satu tempat, mungkin kau butuh dua atau tiga tempat yang aman.

Cloud Storage, Tren Penimpanan Data Online


Mungkin kita sudah diperkenalkan dengan Dropbox, cloud storage yang hanya memberikan ruang penyimpanan data 2 Giga secara gratis. Kemudian muncul cloud storage lain seperti Microsoft, dan Google Drive tidak mau ketinggalan dalam perkembangan teknologi Cloud.

cloud storage, google drive

Begitu pun kalian juga mungkin tidak melupakan penyimpanan data online lainnya seperti Rapidshare, 4share, dan sejenisnya yang sejak dulu sudah meramaikan internet dengan servis penyimpanan data gratis. Lantas, bagaimana dengan keamanannya? Apakah ini menjamin bahwa data kita tidak dicuri orang lain, atau mungkin yang terburuk kalau server mereka musnah terbakar.
Satu hal yang penting dalam cloud storage, jangan gunakan di perangkat bersama sekalipun memijamkan gadget, yakinkan kalau perangkat dan gadget itu hanya Anda yang mengakses.
Jadi, saya tidak heran dengan keluhan pengguna cloud storage yang merasa datanya tercuri ataupun terhapus, mereka tidak memahami arti ruang penyimpanan online yang benar-benar Private.

Apa Yang Akan Anda Simpan Di Cloud Storage?


Press release Yandex pada hari ini, 6 September 2012, resmi menyatakan bahwa teknologi cloud storage mereka siap melayani dunia. Layanan yang mereka berikan tidak tanggung-tanggung, ruang penyimpanan data gratis sebesar 10GB ditambah 10GB jika pengguna merekomendasikan layanan mereka. Layanan ini langsung mendukung gadget, terlebih pembelian Samsung Ultrabook langsung diberikan 250GB cloud storage gratis dari Yandex.

Penyimpanan data gratis 20GB, sangat besar bagi saya ataupun Anda yang mungkin hanya menyimpan berkas kerja. Permasalahan utama cloud storage, tentunya jaringan internet sudah pasti menjadi kendala di negara ini. Sangat berbeda dengan layanan internet di belahan Barat yang sudah tentu akses 20GB menjadi nilai standard mereka.

Saya bukan menghantui Anda dalam memilih cloud storage, hanya saja coba fikirkan kembali kebutuhan Anda, berapa quota yang Anda butuhkan untuk mengakses semua data yang ada disana, tapi bukan masalah kalau jaringan internet Unlimited. Saya malah masih betah dengan layanan Dropbox, dan file yang saya isi hanya berkisar 200MB.
Cloud storage besar hanya suatu pilihan, kapan waktu yang tepat digunakan, untuk apa Anda menyimpannya disana? Beberapa teman saya menyimpan foto dan video pribadi mereka di Cloud storage, dan menurut saya ini bukan pilihan tepat. Kita bisa menggunakan sosial media dan memproteksinya, cukup mudah dan kenapa Anda harus takut menyimpannya disana?
Mungkin satu tragedi mengajarkan kepada kita, ketika Friendster ditutup seketika itu pula koleksi foto Anda menghilang. Tapi hal itu bisa diantisipasi sebelumnya dengan mendownload dan memindahkannya di sosial media baru, tak ada bedanya dengan cloud storage.

9 komentar:

  1. sampai dengan sekarang, aku belum menggunakan cloud storage. Takut kalo datanya tidak aman.

    BalasHapus
  2. Aku juga punya akun di dropbox mas, dan ada beberapa rekan aku rekomendasi untuk buka akun disana. Aku juga punya beberapa file foto yang terbuka untuk umum dan privasi di beberapa layanan penyimpan foto online. Namun sampai sekarang aku masih sangsi dan ragu akan validalitas keamanannya. Apalagi di FB, aku masih ragu meskipun sudah ada rilis bahwa file (foto) yang di delete oleh sang empunya akan dihapus secara bertahap oleh systrem di FB dalam beberapa hari sesudahnya. Tapi ya itu, masih bimbang.

    BalasHapus
  3. jujur, saya belum pernah menggunakan layanan cloud storage. disamping internet yang bisa dibilang lemot, saya juga belum tertarik. masih ragu soal keamanannya.

    BalasHapus
  4. Apa yang aman? dikantong pun bisa hilang ko' :D

    BalasHapus
  5. Mas Sugeng, ini sama seperti menabung di rumah dan Bank. Dulu orang ramai2 menyimpan uangnya di bank, begitu colaps semua ngga percaya Bank aman. Semua sama, apa menyimpan secara manual menjamin data tidak hilang atau tercuri?

    BalasHapus
  6. Intinya internet belum mendukung, masih terbatas quota. masalah sekurity dimana2 juga sama. Termasuk didalam lemari sekalipun

    BalasHapus
  7. rasa-rasanya aku udah sering menggunakan ini deh.. tapi lupa juga.. hihihi

    berarti aku belum menggunakannya secara maksimal yak.. hmmm

    BalasHapus
  8. heheheh aku sempat menggunakan multiply untuk upload foto. Dan sekarang multiply akan menutup fungsi album foto. Kalang kabut saya mendownload, krn HD originalnya rusak.
    Buatku cloud storage itu berguna sekali. Pencuri bisa ada di mana2, dan apa sih yg mau dicuri? :D

    BalasHapus
  9. Sekarang malah ada yang kepikiran cloud storage-nya 'tutup'. Bakalan kalang kabut download file yang gede2 itu...

    Lagian, backup manual dan online, dua2-nya penting.... kecuali kalau nyimpen video... :lol:

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.