Ads Top

Aplikasi Skype Suara Kualitas CD

Persaingan telepon via internet semakin memanas, benarkah codec Opus milik aplikasi Skype diluncurkan untuk mengantisipasi aplikasi pesaing lain? Mungkin Anda sudah mendengar pesaing aplikasi Skype, atau mungkin sudah menggunakan Line. Saya mendengar berita yang sebenarnya pihak Skype sendiri tidak ingin mempublikasikan. Tapi menurut saya ini penting, mungkin sudah banyak pengguna mereka yang beralih sehingga pihak manajemen terpaksa harus membocorkan sedikit informasi tentang kemajuan aplikasi Skype. Kalimat simpelnya, sebuah trik bisnis yang bisa menarik kembali pengguna internet phone.

Aplikasi Skype Usung Codec Opus


Hari ini secara tak sengaja saya membaca blog resmi Skype (The Big Blog) yang menyatakan bahwa mereka merilis codec audio baru yang akan disemat kedalam apilkasi Skype sebagai langkah memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. Pengguna layanan skype saat ini meningkat signifikan dengan panggilan video dan audio via internet, tentunya skype terus mengembangkan aplikasi dengan kualitas suara sebening kristal.

skype

Karlheinz Wurm, Direktur Audio dan Video Skype mengatakan, meskipun codec baru yang disebut 'Opus' akan diluncurkan tanpa publikasi sebelumnya, nantinya akan memiliki dampak yang sangat besar bagi semua penggunanya. Opus akan membuat entri panggilan yang jelas dan tenang, kebanyakan orang akan memilih aplikasi suara yang tinggi dan bening, melalui browser dan ponsel, bahkan bisa digunakan pada konsol game dan forum.

Opus dirancang untuk menjadi bagian terpenting aplikasi skype, sehingga dalam pembicaraan nantinya hanya menggunakan codec audio tersebut tanpa harus menerapkan sejumlah codec player yang berbeda.

Aplikasi Skype Berikan Kualitas Terbaik


Keuntungan yang diberikan codec Opus tidak hanya sebatas kualitas audio yang lebih baik. Skype mengatakan bahwa Opus akan meningkatkan audio di seluruh spektrum, dari pita rendah hingga fullband stereo. Codec ini dirancang berjalan pada jaringan internet yang dapat menyesuaikan modus operasi bergerak antara koneksi internet yang berbeda, seperti 3G dan Wi-Fi.
Opus menggunakan data yang kecil sehingga menjadi alternatif yang lebih efisien dan menguntungkan bagi operator jaringan data mobile. Dengan kata lain, ketika pengguna hanya mendapatkan signal GPRS ataupun 2G, skype tetap bisa digunakan karena penggunaan data transfer yang minim.
Sampai sekarang saya masih setia menggunakan aplikasi Skype, apalagi masih banyak rekan saya yang menggunakan aplikasi ini. Saya yakin, aplikasi besar sekelas Skype tidak begitu saja membiarkan pengguna mereka berpindah ke lain hati. Setidaknya kualitas suara sebening CD yang ditawarkan mampu menahan arus persaingan internet voice dan video. Anda sendiri, masih menggunakan aplikasi Skype atau sudah berpindah ke aplikasi lain?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.