Ads Top

Memilih Dahan Yang Rindang Atau Buah Lebat?

Ketika suatu pagi, cahaya itu tidak begitu menyengat kulitku.... Ketika siang hari, aku bersyukur ketika Tuhan masih menyayangiku, memberiku peneduh yang menghalangi sengatan matahari. Betapa tidak, rumah dengan halaman yang hanya cukup untuk parkir dua mobil harus dipenuhi dengan dahan-dahan rindang pohon mangga. Walaupun tanpa buah, bukan berarti Dia tidak menurunkan rezeki.

Kebanyakan orang menganggap, jika pohon mangga rindang jarang berbuah atau sulit menghasilkan buah. Apakah Dia enggan memberikan rezekinya kepada kita, atau Dia mempunyai rencana lain dibalik rindangnya dahan mangga. Tidaklah sulit mengartikan rezeki, ketika kita menganggap rezeki apa yang bisa dirasakan lidah, bagaimana Dia akan menganggapmu mensyukuri nikmat yang telah ada?

Dahan Yang Rindang, pohon mangga

Hidup itu terasa jauh lebih indah ketika kita bisa mencyukuri salah satu yang diberikan, tidak berbeda dengan sebuah pohon yang memberikan kita buah lebat. Apakah kita akan merasakan nikmat ini sendiri atau bersama orang lain, membagikan buah kepada orang-orang sekitar juga bukan hal yang sulit.

Ketika rindang itu datang, orang-orang disekitar kita mungkin tidak perduli dengan teduh dan sejuknya rasa disekitar. Mereka menganggap bagai pohon besar tanpa memberi manfaat lebih selain sejuk. Tapi tahukah bila ini jauh lebih penting daripada buah itu sendiri? Sebuah pohon rindang bisa meneduhkan sepuluh orang sekaligus dihalaman rumahku. Memberi perlindungan dari sengatan cahaya berlangsung lama daripada menikmati buah yang habis dalam beberapa menit....
Itulah hidup, ketika kita bisa menempatkan rasa syukur sekecil apapun.... semua bagai rezeki suci yang turun dari surga, kita tak akan pernah menyangka bahwa pohon rindang yang kita tanam juga akan melindungi orang lain.

Bicara soal taman, sepertinya ada banyak desain yang seharusnya disesuaikan dengan lingkungan. Beberapa orang menggunakan metode tersendiri dalam pembuatan taman hijau, mereka lebih memilih dahan yang rindah dan buah yang lebat. Tetapi memahami seni, tidak harus memaksakan menanam jenis tanaman ini secara keseluruhan, sebaiknya disisipkan beberapa bunga atau malah ada desain yang menanam jenis pepohonan kering dan berguguran. Ini kan jadi tampak lebih mewah, seakan-akan berada di negeri asing dan kesan yang disampaikan secara tak langsung akan menceritakan keagungan seni menurut tamu yang berkunjung.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.